Diknas Pendidikan Kalimantan Timur

Diknas Pendidikan Kalimantan Timur

KEADAAN SMP NEGERI 9 BALIKPAPAN

SMP Negeri 9 Balikpapan adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Balikpapan, terletak di Kampung Baru Tengah yang merupakan salah satu sekolah yang dapat menampung siswa-siswa, dan siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki * menumbuhkan semangat bersaing yang sehat secara intensif kepada seluruh siswa * meningkatkan kedisiplinan seluruh warga sekolah * menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa, sehingga menjadi siswa yang berperilaku sopan santun, menghormati orang tua dan guru, menghargai sesama, serta bebas dari narkoba * menerapkan manajemen partisipasi dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang yang terkait dengan sekolah Adapun Kelas seluyruh kelas VII, VIII, dan IX berjumlah 21 Kelas yang terdiri dari Kelas Kelas VII = 7 Kelas, Kelas VIII = 7 Kelas Kelas IX = 9 Kelas

INFORMASI SISWA

1. Penerimaan Siswa baru BL dan Gakin
2. Penerimaan Siswa Reguler
3. Kegiatan Belajar Mengajar
4. Ekstra Kurekuler

INFORMASI PENDAFTARAN SISWA

Pendaftaran Siswa Baru pada SMP Negeri 9 Balikpapan akan dilaksanakan melalui dua tahap, Yaitu :
1. Penerimaan Siswa Baru BL, dan Gakin
Mulai tanggal 25 S/d 28 Juni 2010.
2. Penerimaan Siswa Reguler
Mulai setelah selesai penerimaan siswa Bl dan Gakin
yaitu tanggal 2 S/d 4 Juli 2010. Adapaun mulai
belajar Aktif siswa
Kelas VII, VIII dan IX Mulai tanggal 12 Juli 2010.

Ekstra Kurikuler

Adapaun Ekstra Kurikuler SMP Negeri 9 Balikpapan adalah : Pramuka, PMR, Senitari, Band, Oleahraga. Semua kegiatan dilakukan pada hari sabtu sesuai dengan jadwal yang berlaku dan diikuti oleh siswa yang mau mengikuti kegiatan itu, Ekstra Kurikuler.

Mata Pelajaran IPS Untuk Kelas VII SMP Negeri 9 Balikpapan

Materi ini dapat diambil dan dipelajari dengan seksama

Penyampaian Materi Pelajaran

Materi Ini adalah Materi Pelajaran Semester II

KONSEP SISTEM PENGELOLAAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH

1. Kelembagaan a. Belum semua kab/ kota memiliki unit yg jelas menangani program Pendidikan Lingkungan Hidup baik pada formal (sekolah),non formal (masyarakat/ pelaku bisnis),In-formal (rumah tangga) b. Belum ada kerjasama antar pihak (stakeholders) dan rencana strategis pelaksanaan PLH, baik untuk jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang; c. Belum ada alokasi anggaran khusus PLH, mengingat “program ini belum cukup dasar” (belum ada kepres tentang program PLH, baru secara MOU antara menteri dan Instruksi) d. Pengelolaan PLH dilakukan secara proyek/ kegiatan, belum tersistem dan dijadikan dasar sebagai kebutuhan daerah untuk menyadarkan masyarakatnya “pentingnya partisipasi dan lingkungan dilestarikan” 2. Sumber Daya Manusia a. Terbatasnya kemampuan/ kapasitas SDM yang menengani program PLH (Manajemen PLH) di lembaga/ sektor. b. Kebutuhan SDM yang berkompeten dalam bidang LH (nara sumber PLH daerah) Pola pelatihan belum efektif, kepala sekolah, guru yang telah mendapat pelatihan kurang mensosialisasikannya (ALASANNYA: belum ada pemberian kewenangan/ instruksi); Kurikulum pendidikan dianggap sudah sangat padat. Belum Jelas Metode Pengajaran PLH (Integrasi/ mulok) dan proses KBM didominasi metode ceramah; Kurang dukungan (biaya & arahan/ bimbingan teknis) dari semua pihak Tidak ada target yang jelas dalam pelaksanaan PLH; Keterlibatan lembaga lain masih rendah. Proses pembelajaran bervariasi/ berbeda (disekolah, masyarakat, dan dirumah) Penegakan hukum lingkungan di masyarakat masih rendah Belum penting dan dibutuhkan, Belum jelas pelaksanaan manajemen, program, dana, & indikatornya, Dan lain sebagainnya

SOLUSI

Ada dasar pelaksanaan PLH : UU N0. 23 tahun 2007 tentang pengelolaan LH, UU n0. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Kebijakan PLH, tahun 2004, merupakan keputusan bersama 4 kementerian (agama, dalam negeri, lingkungan hidup, diknas), kesepakatan bersama antara menteri negara LH dengan Menteri pendidikan nasional, no. kep. 07/ MenLH/ 06/2005 dan nomor 05/VI/KB/2005 tanggal 3 juni 2005 tentang pembinaan dan pengembangan PLH, Surat Dirjen Mandikdasmen nomor 5555/C.C5/TU/05 tgl 11 Oktober 2005 tentang edaran p4elaksanaan PLH pada jenjang pendidikan dasar dan menenngah, dan konsep pendukung berupa konsep Adiwiyata, UKS, Wiyata Mandala, Adipura, dll

Perlu dikomunikasikan, ditindak-lanjuti dengan membuat kebijakan operasional pada hirarkhi yang lebih rendah (provinsi, Kabupaten, Kota) sampai kepada unsur/ pihak pelaksana PLH (formal, non formal, dan in-formal)

Perlu Manejemen yang tersistem (Plan, do, check, action) dan Performance lingkungan (kategori lingkungan berupa sangat kurang, kurang, sedang, baik, dan baik sekali).

Perlu keterlibatan dan kerjasama semua pihak mendukung program PLH

PENGERTIAN PRANATA SOSIAL

ADALAH SUATU SISTEM TATA KELAKUAN DALAM HUBUNGAN YANG BERPUSAT KEPADA AKTIVITAS UNTUK MEMENUHI KOMPLEK-KOMPLEK KEBUTUHAN KHUSUS DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

SSST Jangan Mencotek Yaa..

SSST Jangan Mencotek Yaa..

Kerjakan soal berikut ini dan dikumpul pada hari senin tanggal 20 Maret 2010

Hitamkanlah lingkaran pada jawaban yang kamu anggap benar!
1. Salah satu faktor penyebab perbedaan tinggi rendahnya bentuk muka bumi dari tenaga....
a. Eksogen
c. Energi
b. Erosi
d. Sedimen
2. Jalur pegunungan sirkum mediterania meliputi benua di bawah ini, kecuali....
a. Afrika Utara
c. Pegunungan Andes
b. Pegunungan Alpen
d. Pegunungan Himalaya
3. Kepulauan Indonesia yang termasuk dangkalan Sunda adalah pulau....
a. Sulawesi
c. Irian
b. Sumatera
d. Maluku
4. Dasar laut yang dalam berbentuk huruf V disebut....
a. Igir Tengah Samudera
c. Lantai Abisal
b. Palung Laut
d. Jendul Laut
5. Permukaan bumi yang menjulang ke atas dan lebih tinggi dari pada daerah sekitarnya disebut....
a. Pegunungan
c. Gunung
b. Bukit
d. Dataran Tinggi
6. Perhatikan gambar di samping!
a. Lipatan Menggantung
b. Lipatan Miring
c. Lipatan Tengah
d. Lipatan Isoklinal
7. Keuntungan adanya gunung berapi, kecuali....
a. Membantu turunnya hujan
c. Untuk rekreasi
b. Banyak dijumpai bahan galian
d. Tanah menjadi tidak subur
8. Tsunami adalah....

a. Gelombang gempa di daratan
b. Gelombang laut akibat letusan gunung di daratan
c. Gelombang laut akibat gempa di dasar laut
d. Ombak yang besar akibat badai

9. Perhatikan gambar di samping!
a. Gunung api Maor
b. Gunung api Tameng
c. Gunung api Prisai
d. Gunung api Strato
10. Keuntungan adanya gunung berapi. kecuali....
a. Tanah menjadi tidak subur
c. Banyak dijumpai bahan galian
b. Membantu turunnya hujan
d. Untuk rekrea

Kamis, 17 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar